Cara Memperbaiki Cat Mobil Keriting

Pengecatan – cat mobil mengelami keriting atau berkerut, biasanya di sertai permukaan pada cat mobil mengalami retak-retak atau terkadang seperti plastik yang keriput terkena air. Pada dasarnya permukaan cat mobil seperti ini karena beberapa faktor antara lain adalah, cat mobil keriting akibat salah saat melakukan repaint, atau cat mobil keriting saat dilakukan repaint atau proses cat ulang.

Kedua kasus di atas konteksnya sangat berbeda. Jika cat mengalami keriting saat pemakaian atau bukan di sebabkan faktor-faktor tertentu, inilah yang di sebabkan salah pengaplikasian cat saat mobil tersebut melakukan cat ulang. Bagaimana jika mobil belum pernah di cat ulang tetapi permukaan catnya keriting? Dalam hal ini bisa di katakan tidak mungkin terjadi jika mobil tersebut belum pernah di lakukan pengecatan ulang, tetapi permukaan catnya mengalami keriting atau retak-retak. Karena pada dasarnya cat mobil bawaan pabrik itu sangat kuat dan tidak mungkin mengalami hal semacam ini. Kalaupun catnya mengalami masalah, biasanya mobil tersebut sudah berumur diatas 10 tahunan, itupun tidak mengalami kerusakan seperti kasus di atas. Paling hanya mengalami pudar pada warnanya, sehingga warnanya tidak lagi cerah seperti pada awalnya.

Berbeda halnya dengan cat mobil mengalami keriting saat di lakukan proses cat ulang. Ini bisa saja di sebabkan beberapa faktor. Selain mobil tersebut catnya sudah tidak original lagi, atau juga saat pengaplikasian cat tersebut ada kesalahan. Untuk itu di kesempatan ini kami akan mengulas Cara Memperbaiki Cat Mobil Keriting. Jika anda melakukan pengecatan pada body mobil, lalu cat lamanya mengalami pelarutan atau ngangkat, inilah yang di sebutkan cat keriting. Dan berikut ini tips dan cara-cara jitu untuk mengatasi cat yaang keriting saat di lakukan pengecatan ulang.

Cara Memperbaiki Cat Mobil Keriting yang pertama adalah, cat keriting yang tidak terlalu parah atau keriting halus. Jika hal ini terjadi saat anda melakukan pengecatan, maka biarkan saja tunggu sampai catnya benar-benar kering. Jika anda ingin sedikit menghemat waktu, panaskan permukaan cat yang mengalami keriting menggunakan lampu pemanas. Setelah permukaan cat atau clear mengering, lalu amplas kembali menggunakan amplas halus amplas dengan grid 1000. Setelah permukaan yang berkerut atau keritingnya hilang, ganti amplas anda dengan amplas grid 2000, ampals hingga rata dan halus. Hal ini bertujuan agar permukaan tidak meresap oleh thiner yang akan kita aplikasikan catnya nantinya. Ingat untuk memudahkan pengamplasan, gunakan air sabun atau air yang di berikan diterjen.

Setelah selesai pengamplasan, lalu keringkan kembali sampai benar-benar kering. Setelah kering, lalu aplikasikan base coatnya kembali. Namun dengan catatan campuran basecoat dengan settingan sedikit kental. Jika anda biasanya menggunakan campuran 2 berbanding 1, maka anda harus melakukan pencampuran 3 berbanding 1. Dan semprot dengan jarak spray gun dari permukaan kurang lebih 40cm dan angin sedikit besar, volume catnya sedikit di kecilkan dari pengecatan normal. Lakukan dengan cara di kabut atau di sembur samar. Berikan interpal setiap lapisan antara 2 sampai 3 menit jika permukaan kasar seperti banyak debunya, bersihkan menggunakan tack clouth di setiap interpalnya. Lakukan penyemprotan hingga beberapa lapis dengan metode yang sama sampai cat tertutup dengan sempurna.

Setelah permukaan tertutup dengan sempurna, tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit lalu anda siap naik clear coat. Untuk campuran pada clear coat, anda juga harut mencampurnya lebih kental dari campuran clear coat normal. Jika pada campuran normal 4;1;1, anda bisa mencampurnya dengan campuran 8:2:1 yaitu 8 clear coat, 2 hardener, 1 thiner. Namun ingat ini hanya lapisan pertama saja. Untuk lapisan kedua anda harus menggunakan clear coat dengan campuran normal. Aplikasikan dengan cara agak di kabut sampai rata tertutup dengan clear kental tersebut. Tunggu hingga 15 menit sampai clear coat lapis pertama kering sentuh, lalu baru timpa dengan clear coat lapis kedua dengan campuran normal aplikasikan agak sedikit basah. Dan jika permukaan agaknya mengalami tekstur kulit jeruk, lakukan pengamplasan grid 2000 sebelum saat di polish. Namun untuk melakukan pengamplasan tunggu hingga 6 jam agar hasil lebih maksimal.

Itulah tips jitu Cara Memperbaiki Cat Mobil Keriting yang sangat mudah untuk dilakukan. Semoga tips ini dapat bermanfaat, dan selamat mencoba.

 


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post